SELAMAT DATANG

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini. Silahkan dilihat-dibaca... jika menemui kesulitan dalam mendownload fie atau tidak sependapat dengan Artikel OPINI, komplain saja melalui komment tempat artikel yang dimaksud.

Anda juga bisa mengirimkan SAMPLE FILE yang dicurigai sebagai virus atau malware lainnya ke pengikut1@gmail.com
Sebelum mengirim SAMPLE FILE tersebut, pastikan anda sudah meng-PACK file yang akan anda kirim ke format ZIP atau RAR. Kami dengan senang hati akan menganalisa sample tersebut sehingga anda bisa berKomputer dengan nyaman.
^_^



Thanks ;)


Sabtu, 07 Agustus 2010

Sistem Operasi Ponsel (2)


SYMBIAN

Pada tahun 1980 berdiri perusahaan pengembang software PSION yang didirikan David Potter. Produk dari perusahaan ini adalah EPOC, yaitu sebuah sistem operasi yang dikhususkan untuk perangkat bergerak (ponsel). EPOC inilah cikal bakal dari Symbian yang kita kenal sekarang ini.

Tahun 1998 terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Ericcson (ket: sekarang Sony Ericcson), Nokia, Motorola, dan Psion yang diberi nama Symbian. Akhirnya tahun 2004 Psion menjual sahamnya. Saat itu saham Symbian Ltd dimiliki Nokia (49%), Ericcson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%).

Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi Symbian adalah Ericsson R830 di tahun 2000 yang berbasis Symbian versi 5 dan kemudian berlanjut pada ponsel bersistem operasi Symbian dari vendor lainnya.

Kelemahan sistem operasi ini sendiri adalah banyaknya versi dari Symbian. Sampai saat ini versi Symbian sudah sampai ke Symbian v9 (versi 9). Banyaknya versi ini membingungkan orang awam untuk menginstall aplikasi yang sesuai dengan ponsel Symbian yang mereka miliki karena masing-masing aplikasi yang dibuat oleh pengembang mensyaratkan Symbian versi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar